Thursday, November 3, 2016

Contoh Soal Efek Doppler dan Pembahasannya

Contoh Soal Efek Doppler dan Pembahasannya


1. Sebuah mobil ambulan sedang bergerak dengan kecepatan 10 m/s mendekati seorang pengendara motor sambil membunyikan sirine berfrekuensi 660 Hz, seorang pengendara motor bergerak mendekati mobil ambulan dengan kecepatan 20 m/s. Besar frekuensi sirine ambulan yang diterima oleh pengendara motor, jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s adalah ?

Jawab

Untuk menjawab ini kita harus tentukan tanda positif dan negatif untuk kecepatan pendengar dan untuk kecepatan sumber. Supaya lebih mudah ditetapkan kecepatan pengamat atau pendengar bertanda positif jika mendekati sumber bunyi dan bertanda negatif jika menjauhi sumber bunyi, maka tanda positif dan negatif untuk kecepatan sumber adalah kebalikannya.

Rumus menghitung frekuensi yang di terima oleh pendengar adalah









2. Sebuah mobil ambulan sedang bergerak dengan kecepatan 20 m/s mendekati seorang pengendara motor sambil membunyikan sirine berfrekuensi 640 Hz, seorang pengendara motor bergerak menjauhi mobil ambulan dengan kecepatan 10 m/s. Besar frekuensi sirine ambulan yang diterima oleh pengendara motor, jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s  adalah ?

Jawab








3. Sebuah mobil ambulan sedang bergerak dengan kecepatan 20 m/s menjauhi seorang pengendara motor sambil membunyikan sirine berfrekuensi 720 Hz, seorang pengendara motor bergerak menjauhi mobil ambulan dengan kecepatan 10 m/s. Besar frekuensi sirine ambulan yang diterima oleh pengendara motor, jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s  adalah ?

Jawab










4. Sebuah mobil sedang bergerak di sebuah jalan lurus berkecepatan 20 m/s, di pinggir jalan yang dilewati oleh pengendara mobil tersebut berbunyi sebuah sirine menara. Besar perbandingan frekuensi yang di dengar oleh pengendara mobil tersebut jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s ketika sedang mendekati menara dan ketika sedang menjauhi menara adalah ?

Jawab 









5. Seorang polisi sedang mengukur kecepatan kendaraan yang berlalulalang di sebuah jalan raya dengan menggunakan sebuah sensor penerima frekuensi bunyi kendaraan. Pada suatu saat polisi mengukur sebuah kendaraan dan mendapatkan data perbandingan frekuensi ketika kendaraan itu mendekat dan menjauhi polisi adalah (6/5). Cepat rambat bunyi udara ketika itu 340 m/s. Besar kecepatan kendaraan ketika melewati polisi adalah ?

Jawab







No comments: